Survei Litbang Kompas: Mayoritas Pengguna Puas dengan Aplikasi Dumas Presisi

 Jakarta - Litbang Kompas melakukan survei atas pelayanan aduan Divisi Propam Polri. Mayoritas masyarakat puas dengan layanan pengaduan masyarakat (Dumas) lewat aplikasi Dumas Presisi.

Aplikasi Dumas Presisi Polri diluncurkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit awal 2021 lalu. Kala itu, Sigit meminta agar aplikasi Dumas Presisi disosialisasikan sebagai wujud handling complain dan transparansi Polri atas sistem pengawasan oleh masyarakat yang mudah, cepat, dan terukur.

Pada Survei Litbang Kompas soal layanan Dumas Polri ini dilakukan pengumpulan pendapat pada 12 hingga 16 Juni 2023. Responden yang diwawancarai via telepon sebanyak 1.005 dari 34 provinsi.

Sampel ditentukan secara acak dari responden panel Litbang Kompas sesuai proporsi jumlah penduduk di tiap provinsi dan database pelayanan aduan Dumas Polri.

Metode yang digunakan tingkat kepercayaan 95 persen, margin of error ± 3,1 persen. Kesalahan di luar pencuplikan sampel dimungkinkan terjadi.

Hasil survei tersebut menyatakan sebanyak 35,8 persen responden pernah menggunakan layanan pengaduan masyarakat untuk melaporkan pelanggaran oleh anggota Polisi. Berdasarkan pengalaman responden, sebagian besar pengaduan dilakukan dengan mendatangi langsung kantor polisi dengan persentase 46,5 persen

Kemudian yang menggunakan aplikasi Dumas 36,4 persen, melalui surat 10,4 persen, dan pengaduan melalui aplikasi perpesanan WhatsApp sebanyak 6,7 persen.

Berikut tingkat kepuasan terhadap kualitas pelayanan yang diberikan dalam proses pengaduan:

Penerimaan Aduan

Puas: 79,9%

Tidak Puas: 20,6%


Penanganan Aduan

Puas: 70,4%

Tidak Puas: 29,6%


Penyelesaian Aduan

Puas: 60,3%

Tidak Puas: 39,7%


Adapun responden ditanya soal seberapa baik atau buruk citra Polri, sebelum dan setelah mengakses layanan Dumas Polri. Hasilnya 48,9 persen responden sebelum mengakses Dumas Presisi menilai citra Polri baik. Dan setelah mengakses layanan Dumas Presisi citra Polri naik jadi 74,4 persen.

Responden juga menilai Dumas Presisi sangat responsif melayani aduan masyarakat dengan persentase 78,5 persen. Dan responden juga puas atas transparansi selama proses pengaduan berlangsung dengan persentase 64,3 persen.


0 Comments